Al Quran Al Akbar

Al Quran Al Akbar,

adalah Al Quran terbesar di dunia. Al Quran ini di ukir di atas kayu jati berukuran raksasa, Al Quran Al Akbar terletak di Palembang tepatnya di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang.Al Quran ini setidaknya menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu dengan biaya 2 miliar.


Al Quran raksasa ini satu satunya Al Quran terbesar di dunia dalam bentuk Al Quran 30 juz. Biaya masuk ke kawasan Al Quran Al Akbar ini terbilang murah, hanya Rp15.000. Setiap lembar kayu terukir huruf Arab timbul dengan ukiran motif bunga di tepi ornamen khas Palembang.


Proses pembuatan Al Quran raksasa ini membutuhkan waktu sekitar 7 tahun. Pada akhir tahun 2012 akhirnya Al Quran ini resmi di publikasikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono bersama seluruh delegasi konferensi parlemen Organisasi Konferensi Islam. Kawasan Al Quran Al Akbar ini adalah salah satu tujuan wisatawan di Palembang. Namun walaupun begitu, kawasan Al Quran Al Akbar ini kurang di perhatikan oleh pemerintah, seperti contohnya lahan parkir yang kurang luas,dan juga kayu kayu pijakan lantai di Al Quran Al Akbar sudah mulai rapuh. Padahal Al Quran Al Akbar ini sangat berpotensi sebagai tujuan wisatawan dari manca negara di Palembang, bahkan penunjuk arah untuk menuju ke kawasan ini pun hanya terbuat dari spanduk kecil yang terletak di pinggir jalan. Semoga kedepannya kawasan Al Quran Al Akbar lebih maju, lebih modern, dan terkenal keseluruh manca negara.





Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar: