Bastakiya, Dubai (Adaptive Reuse)







Image result for bastakiya past



Bastakiya atau yang sering disebut dengan Al Bastakiya merupakan area bersejarah di Kota Dubai. Derah ini merupakan pemukiman tertua di Dubai. Lokasi dari Bastakiya ini tepat bersebrangan dengan pasar emas dan pasar rempah. Pada akhir abad 19 Bastakiya dihuni oleh saudagar asal Iran. Mereka menamai tempat tinggal di tanah rantauan tersebut mengacu pada Kota Bastak di Iran.

Pada tahun 1989 Bastakiya rencananya akan dihancurkan secara keseluruhan oleh Pemerintah Dubai. Namun berkat Arsitek asal Inggris yang datang bersamaan dengan kedatangan Pangeran Charles yang bernama Rayner Otter, Bastakiya tidak jadi dihancurkan melainkan dijadikan situs bersejarah di Kota Dubai
Image result for rayner otter architect



Adaptive Reuse

Bastakiya termasuk jenis Konservasi Adaptive Reuse. Adaptive Reuse merupakan konservasi dengan cara menggunakan kembali bangunan / site yang telah ada dengan penambahan fungsi yang baru.

Pemukiman di Kampung Lama ini berbentuk kotak kotak dengan warna khas gurun, yang dibelah gang gang yang sempit.

Image result for old bastakiya photo

Bangunan bangunan di Bastakiya yang di hancurkan banyak yang di rekonstruksi mengacu pada bangunan lama di Kota tersebut. Dinding dinding batu yang ter ekspos pun di perhalus dengan material lokal yang terbuat dari Kotoran Burung.

Before

Related image

After
Image result for old bastakiya photo

Beberapa bangunan yang dimanfaatkan kembali adalah :
Gallery
Di daerah Bastakiya tersedia kurang lebih 50 Kios yang menampilkan dan juga menjual barang seni kerajinan, barang fashion dan juga barang antik. Gallery ini terdapat di bangunan lama Bastakiya dan di desain sedemikian rupa tanpa merubah bentuk aslinya.

Image result for bastakiya galeri

Bangunan ini awalnya merupakan hunian rakyat Iran. Bangunan ditambahkan roster dengan corak yang menarik untuk mempercantik bangunan.

Image result for  old bastakiya photo
                                               Before                                            After

Hotel / Guest House
Bangunan disini juga ada yang dijadikan Hotel, Hotel ini bertujuan untuk membawa wisatawan merasakan suasana Arsitekur Lama Kota Dubai. Suasana Klasik pada bangunan tetap di pertahankan seperti dinding karang berwarna pasir dan balok kayu pada langit langitnya.

Image result for bastakiya guest house
                                                 Before                                             After

Bagian dalam bangunan kebanyakan telah hancur dan kemudian di rekonstruksi dan ditambahkan furniture dengan konsep kayu untuk mendukung suasana tradisional pada ruang.

Image result for bastakiya guest house

Pertokoan
Penduduk asli Bastakiya menggunakan rumahnya dan lorong lorong Bastakiya menjadi Pertokoan untuk menarik wisatawan di Daerah ini. Mereka menjual lukisan, barang antik, dan juga Pakaian.


Image result for bastakiya shops
                                                Before                                               After

Lorong lorong ini dipercantik dengan batu sebagai alas pada jalannya. Kemudian dinding diperhalus untuk merapikan bagian lorong bangunan

Restoran
Beberapa bangunan lama juga dijadikan sebagai Restoran dengan Nuansa yang Unik. Restoran ini tidak merubah bentuk asli dari bangunan lama nya. Restoran restoran ini dibuat pada Inner Court bangunan lama
Image result for bastakiya restaurant

Bangunan restoran ini dipercantik dengan furniture kayu sebagai penghiasnya.
Related image
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar: